cara membuat kotak atau kolom kode di postingan blog

cara membuat kotak atau kolom kode di postingan blog

Untuk membuat kotak script atau highlighter di postingan blog, Anda dapat menggunakan elemen `<pre>` dan `<code>` HTML, serta menerapkan gaya CSS untuk memberikan penyorotan pada kode. Berikut adalah langkah-langkahnya:



1. Buka editor konten blog Anda dan buka pos atau halaman di mana Anda ingin menambahkan kotak script atau highlighter.


2. Masukkan kode HTML berikut untuk membuat elemen `<pre>` dan `<code>` yang akan mengelilingi kode script Anda:


```html

<pre>

    <code class="language-xyz">

        // Tempatkan kode script Anda di sini

    </code>

</pre>

```


Gantilah `language-xyz` dengan kelas CSS yang sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan dalam kode script Anda. Contohnya, jika Anda menggunakan JavaScript, gunakan `language-javascript`, dan jika Anda menggunakan Python, gunakan `language-python`.


3. Sekarang, Anda perlu menambahkan gaya CSS untuk memberikan penyorotan pada kode. Anda dapat menggunakan salah satu library CSS khusus seperti Prism, Highlight.js, atau menulis gaya CSS sendiri. Berikut adalah contoh menggunakan library Prism:


   a. Salin dan simpan file CSS dan JavaScript Prism. Anda dapat mengunduhnya dari situs resmi Prism (https://prismjs.com/download.html).


   b. Unggah file CSS Prism ke hosting atau platform blog Anda.


   c. Tambahkan elemen `<link>` ke file CSS Prism di bagian `<head>` pos atau halaman blog Anda:


```html

<link rel="stylesheet" href="path/to/prism.css">

```


   d. Unggah file JavaScript Prism ke hosting atau platform blog Anda.


   e. Tambahkan elemen `<script>` ke file JavaScript Prism di bagian akhir pos atau halaman blog Anda, sebelum tag penutup `</body>`:


```html

<script src="path/to/prism.js"></script>

```


4. Simpan dan tinjau pos atau halaman blog Anda. Kode script yang ada di dalam elemen `<code>` akan diberikan penyorotan yang sesuai sesuai dengan bahasa pemrograman yang ditentukan.


Pastikan untuk memodifikasi kelas CSS, gaya, dan penyorotan kode sesuai kebutuhan Anda. Selain itu, pastikan untuk menyertakan file CSS dan JavaScript Prism yang benar di posisi yang sesuai pada blog Anda agar kotak script atau highlighter dapat berfungsi dengan baik.

Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: